Rabu, 07 Oktober 2009

KUMPULAN NASEHAT (001)

Kutipan Status Harian Facebook. By: Apriansyach Taufik

Awali keberhasilanmu dengan selalu berfikir untuk lebih maju pada setiap harinya, setelah itu lakukan hal yang terbaik dari segenap potensi dirimu untuk meraihnya, dan bersabarlah dikala tegarnya semangatmu sedang diuji dengan tetap berdoa dan penuh harap kepadaNya (02 Agustus 2009).

Ambillah waktu untuk berfikir, itu adalah sumber kekuatan. Ambillah waktu untuk bermain, itu adalah rahsia dari masa muda yang abadi. Ambillah waktu untuk berdoa, itu adalah sumber ketenangan. Ambillah waktu untuk belajar, itu adalah sumber kebijaksanaan. (04 Agustus 2009).

Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi. Jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang terbaik. (05 Agustus 2009).

Jika orang berpegang pada keyakinan, maka hilanglah kesangsian. Tetapi, jika orang sudah mulai berpegang pada kesangsian, maka hilanglah keyakinan. (07 Agustus 2009).

Jangan pernah engkau meninggalkan Waktu, karena sesungguhnya Waktulah yang akan jauh meninggalkanmu. (13 Agustus 2009).

Bila diri berkarya, hidup akan berjaya. Namun, bila diri terlena, hidup akan terpana. (16 Agustus 2009).

Bila diri bermakna, hidup akan mulia. Namun bila diri percuma, hidup akan terhina. (18 Agustus 2009).

Waktu terdiri atas beberapa bagian, maka bagilah waktumu seadil mungkin, sehingga kelak tiada waktu yang akan menuntut keadilanmu, karena sungguh merugilah orang-orang yang telah mengabaikan waktu. (23 Agustus 2009).

Janganlah kalian menganggap remeh kebaikan itu, walaupun itu hanya bermuka cerah pada orang lain. (HR Muslim). Tersenyumlah, maka dunia akan tampak lebih indah. (24 Agustus 2009).

Those who are able to control their rage, can conquer their most serious enemy. Fusting and Ramadhan has taught us about that. (29 Agustus 2009).

Hidup itu berjalan, dijalankan & menjalankan. (30 Agustus 2009). yg dmksd dgn Hidup adalah berjalan, dijalan & menjalankan itu :
1). Hidup adalah berjalan sepanjang waktu & masa yg telah ditentukan. 2). Hidup adalah dijalankan atas kehendak Allah SWT, karena ia yg lebih mengetahui mana yg terbaik untuk hambaNya. Namun tak pula itu membuat kita pasif tanpa berikhtiar, karena Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, sebelum kaum tersebut merubah nasibnya sendiri. Allah sangat menganjurkan ikhtiar, utk keputusan akhirnya hanya Allah yg tahu. 3). Hidup adalah menjalankan segala ketentuan Allah & Rasulullah (ta'at). (30 Agustus 2009).

Inilah gambaran kehidupan manusia yang sangat dinamis. Disaat bahagia datang kita sudah sangat siap untuk menerimanya, tapi disaat duka mendatangi seakan-akan dunia ini menghimpit kita. (30 Agustus 2009).

Tangisan bukan untuk menyelesaikan masalah, karna tak ada masalah yang terselesaikan hanya dengan menangis. Tangisan hanya sebagai hiburan di saat duka dan sebagai pengingat di saat bahagia. (31 Agustus 2009).

Siapa menyimak maknanya dapat. Siapa paham beroleh berkat. Siapa Arif mendapatkan manfaat. Siapa bijak hidup selamat. Siapa menyimak mendapat pedoman. Siapa cerdik dapat pelajaran. Siapa pandai terbuka jalan. Siapa bijak mendapat sandaran. (02 September 2009).

Kehidupan itu merupakan sebuah nikmat. Karena melalui kehidupan lah kita bisa merasakan berbagai nikmat tak terhitung dari Allah SWT. Dan melalui kehidupan jua, kita bisa mendapat kesempatan untuk mempersiapkan diri bagi kehidupan selanjutnya (Yaumil Akhir). (02 September 2009).

Bumi ini cukup untuk dihuni oleh 20 miliar lebih manusia yg hidup dengan bijak & sederhana (sentiasa bersyukur). Namun Bumi takkan pernah cukup satu bagi seorang yang tamak & abisius akan dunia. (03 September 2009).

Banyak hal yang dapat kita pelajari hari ini, tapi mungkin tak akan banyak hal yang dapat kita mengerti & kita amalkan dengan baik. Hanya dengan kesungguhan (keinginan kuat yang didasari oleh iman) & keikhlasan (ketulusan) saja yang dapat melampaui semua itu. (04 September 2009).

Kebutuhan manusia terikat oleh dua hal, yaitu batasan-batasan alamiah yang memang telah ditetapkan secara utuh oleh Sang Kuasa (Allah SWT). Naman, disisi lain keinginan manusia terikat oleh dua hal yaitu hawa nafsu & bisikan buruk (Setan) yg menjadikan setiap keinginan akan sulit untuk dibendung. Maka kendalikan hawa nafsumu, serta berhati-hatilah thdp bisikan buruk yg menghampiri, agar setiap keinginan tersebut akan menjadi lebih barakah & bermanfaat. (04 September 2009).

Hidup ini bak sebuah perahu yang memiliki dua haluan, dan setiap insan adalah nahkoda bagi perahunya masing-masing. Terserah kepada sang nahkoda, akan kemana perahunya melaju, tapi satu hal yang mesti diingat, bahwa sang pemilik perahu (Allah SWT) telah menunjukkan jalur mana yang harus ditempuh (Al Qur'an & Sunnah), supaya tiada tersesat kemudian. (04 September 2009).