Senin, 23 Mei 2011

NASEHAT, RENUNGAN DAN HARAPAN (015)

Quote Harian Facebook. Written by: Apriansyach Taufik

Saya hanya mencoba untuk menulis dengan jujur tentang apa yang tengah saya lihat, saya temui, saya rasakan, saya pikirkan dan yang saya alami. Dengan segalah kesederhanaan ilmu dan pengalaman yang saya miliki serta keterbatasan kosa kata dan kalimat, izinkan saya menghaturkan maaf sebelum dan sesudahnya, jikalau apa yang telah saya tulis ini tiadalah mengandung sebuah manfaat ataupun nilai kebenaran. Adapun terdapat kebaikan sedarinya, maka sesusungguhnya itu hadir hanya karena Allah semata. Namun apabila terdapat kesalahan ataupun keburukan sedarinya, maka sungguh itu hadir daripada kekhilafan hamba. Hanya kepada Allah saya memohon ampun. Terima kasih.

Pahamilah sebuah kebenaran itu secara utuh, jangan hanya engkau ambil sebahagian, dan sebahagian lagi engkau abaikan, janganlah pula engkau kotori kebenaran tersebut dengan cara, prasangka dan ambisi burukmu. Sungguh suatu kebenaran itu hanya akan tersampaikan dengan jalan yang benar pula. #Pray for Tragedi Bom Cirebon. (AT: 15/04/2011)
Allah menghadirkan cinta ke dalam hati setiap insan bukanlah untuk disanjung ataupun diangungkan melebihi cinta kita kepada-Nya, melainkan untuk dimengerti dan dipahami agar sedarinya kita dapat menemukan makna Kasih Ilahi. Sungguh Allah menghadirkan sebuah kaidah dalam menginterpretasikan cinta, supaya kita tiada salah dalam menilainya, namun janganlah pula kita berlebihan dalam mengantisipasinya. (AT: 16/04/2011)

Izinkan hamba meminjam syair yang terindah, Dari seorang pujangga madah, Sebagai penawar susah, Bagi setiap hati yang gundah, Tetaplah kau menjadi yang terindah, Hingga masa berakhirlah sudah. (AT: 09/01/2010 - 17/04/2011)

Cukuplah Allah bagiku, Yang menjadi penjaga hatiku, Karena memang hanyalah, Dia yang kuasa akan diriku, Yang sentiasa mengatur jalan hidupku. (AT: 25/04/2010 - 18/04/2011)

Saat hati jatuh dalam pangkuan anugrah cinta, pandanglah seberkas cahaya mentari yang berjatuhan di pelataran jendela, penjamkanlah mata kala bayangan wajahnya menghiasi setiap relung hati yang ada. Bersama agungnya doa, disana rindu mu kan hadir memberi keteduhan dalam buai mimpi sang pujaan jiwa, hingga Sang Maha Cinta mengizinkan mimpi itu tuk menjadi nyata. (AT: 19/04/2011)

Apapun kenyataan yang kan kita temui di esok hari, biarlah Allah yang tahu dan semoga selalu dalam kebaikan-Nya. Kesempatan berbagi rasa yang telah dilalui hari ini adalah anugrah indah yang harus disyukuri dengan saling memberi sejuta maaf dan senyum damai kepada semua. Karena nafas yang terhembus hingga detik ini merupakan berkat kemurahan Ilahi. Yakinlah bahwa Allah akan selalu bersama hamba-Nya yang berserah. (AT: 20/04/2011)

Inilah duniaku, meskipun tampak kelam dan tak bermakna dihadapanmu, namun bagiku tak cukup seribu kata tuk mengkiaskannya kepadamu. Sungguh apa yang tampak sederhana oleh mata, belumlah tentu sesederhana artinya. Hanya syukur yang dapat kuhaturkan, karena Allah tiadalah memandang apa yang kau miliki, melainkan apa yang kau syukuri. (AT: 23/04/2011)

Setiap orang pasti mempunyai suatu kesalahan, namun yang terpenting adalah bukan besar atau kecilnya, akan tetapi seberapa tuluskah ia dalam menyadari kesalahan tersebut, serta seberapa kuat keinginannya untuk selalu berusaha memperbaiki dan tidak mengulanginya kembali. (AT: 23/04/2011)

Aku bukanlah lentera yang berjalan digelapnya kehidupan ini, namun dengan cahaya dan kasih-Mu, aku dapat melangkah setapak demi setapak, meskipun pelak kakiku serasa tak mampu tuk berpijak, tapi aku kan selalu berusaha untuk bisa lebih bersabar dan ikhlas menjalaninya. Senantiasa bimbing aku ya Allah dalam iman dan rahmat-Mu, hingga kelak kudapat meraih keridhaan-Mu. Aamiin. (AT: 26/04/2011)

Masha' Allah (Allah Maha Berkehendak), di atas kehendak-Mu-lah kami berjalan dan tak ada satupun kejadian yang luput daripada kehendak-Mu, jika tanpa pertongan dan kasih sedari-Mu, sungguh kami bukanlah apa-apa, layaknya buih di lautan yang terombang-ambing oleh derasnya arus kehidupan. (AT: 30/04/2011)

Terkadang kita tak sadar, bahwa sesungguhnya tiada yang dapat kita lakukan tanpa kemurahan sedari-Nya, kita bukanlah apa-apa dihadapan kebesaran-Nya, bahkan hanya untuk memastikan apa yang kan terjadi setedik kemudian kitapun takkan pernah mampu. Maka janganlah sesekali kita berlaku sombong atas apa yang Allah beri, karena setiap saat bisa saja Allah akan mencabutnya kembali. (AT: 30/04/2011)

Sobat, Allah tidaklah menganugrahkan hati dan pikiran kepada kita dengan percuma, maka senatiasa belajarlah untuk lebih mengerti dan memahami tentang semua hal yang dapat mendekatkanmu kepada-Nya, tentang pesan-pesan Ilahiyah (hikmah dan iktibar) yang tersirat dari setiap kejadian, serta tentang makna dan hakekat kehidupan yang sebenarnya. (AT: 01/05/2011)

Sobat, istiqomah di jalan Allah itu memang sangat berat, penuh dengan rintangan disetiap sisinya, namun janganlah pernah engkau khawatir, karena sesungguhnya Allah akan selalu berada di dekatmu, menyayangimu dengan segala kemurahan-Nya. Jikapun ada ujian yang menerpa didalam perjalananmu, itu semata-mata agar kamu lebih mengerti tentang betapa indahnya sebuah perjuangan di jalan-Nya. (AT: 04/05/2011)

"In every tear, Allah is there". Seberapa beratpun masalah yg sedang engkau hadapi, seberapa tidak bersahabatnya dunia yg engkau sedang jalani. Percayalah, disetiap tangisanmu akan ada senyuman sedari-Nya, disetiap kesusahanmu akan ada pertolongan-Nya, disetiap kesendirianmu akan ada kasih-Nya. Allah takkan meninggalkan hamba yg senantiasa berserah kepada-Nya, meskipun dunia seakan menjauh dari padamu. (AT: 06/05/2011)

Sobat, jangan biarkan langkahmu terhenti hanya sampai disini, meskipun jalan yang kau lalui sangatlah berat adanya. Selagi harapan itu masih ada, tetaplah berjalan pada keyakinanmu, walaupun tangis perjuangan menjadi keseharianmu, percayalah akan ada sejuta senyum sedari-Nya yang menantimu. Sungguh ini (dunia) bukanlah akhir dari segalanya. (AT: 07/05/2011)

Seluas apapun ilmu yang kau miliki, setinggi apapun kesuksesan yang kau raih, jika tanpa nilai externalitas (manfaat bagi sekitar) maka akan sama halnya dengan memiliki sebuah perahu di tengah gurun pasir, tak banyak hal yang dapat dilakukan dengan perahu tersebut. Begitu juga jika kesuksesan tanpa rasa syukur, maka nilai manfaatnya hanya sebatas duniawi, itu jika Allah tidak mencabutnya kembali. (AT: 08/05/2011)

Tanpa sadar, terkadang kita telah berlebihan dalam menulis sebuah status. Membagi semua hal yang tengah dirasa, mengabarkan setiap aktivitas yang sedang dijalani, menjabarkan segala sesuatu yang terlintas di benak. Namun pernahkah kita sejenak untuk berpikir tentang manfaat & kemudharatan sedarinya? Sungguh sederhana itu akan jauh lebih baik, & hal yang baik jauh lebih pantas kita kabarkan daripada sebaris kata yang tak memiliki makna. (AT: 09/05/2011)

Dengan sifat ego yang dimiliki, seringkali kita melihat suatu masalah hanya dengan pandangan dan presepsi pribadi, tanpa menelaah terlebih dahulu setiap sisi yang mungkin saja terabaikan. Sungguh pada dasarnya tak ada yang salah dalam kehidupan ini, yang membuatnya menjadi salah adalah ketika kita tidak berusaha untuk lebih mengerti tentang makna kehidupan ini. (AT: 10/05/2011)

Note: "No Plagiarism"