Senin, 23 Mei 2011

NASEHAT, RENUNGAN DAN HARAPAN (016)

Quote Harian Facebook. Written by: Apriansyach Taufik

Saya hanya mencoba untuk menulis dengan jujur tentang apa yang tengah saya lihat, saya temui, saya rasakan, saya pikirkan dan yang saya alami. Dengan segalah kesederhanaan ilmu dan pengalaman yang saya miliki serta keterbatasan kosa kata dan kalimat, izinkan saya menghaturkan maaf sebelum dan sesudahnya, jikalau apa yang telah saya tulis ini tiadalah mengandung sebuah manfaat ataupun nilai kebenaran. Adapun terdapat kebaikan sedarinya, maka sesusungguhnya itu hadir hanya karena Allah semata. Namun apabila terdapat kesalahan ataupun keburukan sedarinya, maka sungguh itu hadir daripada kekhilafan hamba. Hanya kepada Allah saya memohon ampun. Terima kasih.

Bila hati tertawan sudah, maka akal takkan mampu menerjemahkan sesuatu dengan terarah. Bila hati tertawan sudah, maka kebijaksanaannya hilang ditelan nafsu amarah. Bila hati tertawan sudah, maka kejujurannya menjadi tiada amanah. Bila hati tertawan sudah, maka ketulusannya terbagi kepada selain Allah. Sobat, senantiasalah bentengi hati kita dengan istiqamah. (AT: 12/05/2011)

Tidak ada yang salah dengan cinta, yang salah adalah ketika kita keliru dlm mengartikan makna sedarinya. Maka senatiasalah berhati-hati dlm menterjemahkan sebuah perasaan kedalam keagungan makna cinta. Landaskanlah semua itu hanya karena Sang Maha Cinta, bukan di atas nafsu duniawi belaka. Sungguh jika dunia kau jadikan sebagai tujuan akhir, maka hanya dunia yang mungkin engkau dapati, itupun jika Allah menghendaki. (AT:13/05/2011)

Belum terlambat untuk memperbaiki diri, selagi Allah msh memberikan kita nafas dan kesempatan. Janganlah angkuh tuk m'yadari sbuah kekhilafan, krn sggh keangkuhan itu hny akn m'jauhkan kita pd ampunan-Nya. Jgnlah malu tuk m'gakui sbuah kesalahan, krn sggh hal yg demikian itu adlh bagian dr godaan syaitan. Ketahuilah Allah itu Maha Pengampun, nmn Ia pula Maha Adil dlm memutuskan perkara yg tjd diantara hamba-Nya. (AT: 14/05/2011)

Al kisah inilah hidup, tiada yang tahu kapan dan dimana akhir dari perjalanannya. Kita boleh berencana seindah mungkin, sesuai dengan kemampuan daya pikir kita. Kitapun boleh berusaha (ikhtiar) sekuat semangat dan pengorbanan yang kita miliki, namun hanyalah Allah yang Maha Menentukan. Maka janganlah sesekali kita mengabaikan kuasa Allah atas hidup kita. Dan sungguh ketetapan Allah adalah hal yang terbaik bagi hamba-Nya. (AT: 15/05/2011)

Pagi ini, dalam kesederhanaan sebuah impian, selalu mencoba untuk lebih melihat, mendengar dan merasakan. Tak mau lekang oleh guliran waktu, tak mau sirna ditelan kerasnya jaman. Pencarianku belumlah berakhir, perjuanganku belumlah usai, hingga waktu yg ditetapkan, hingga masa yg dijanjikan. Tak ingin hanya sebatas kata, tak ingin hanya sebatas angan, tak ingin langkahku terhenti hanya sampai disini. (AT: 16/05/2011)

Berdoalah untuk diberikan seorang sahabat sejati, namun awalilah doamu itu dengan menjadikan dirimu sebagai seorang sahabat sejati bagi sahabat-sahabatmu. (AT: 16/05/2011)

Inilah memorial hidup, seberkas harapan yang pernah ada dengan seketika sirna. Mungkin belum waktunya "Taufik", selesaikan saja dulu masalah yang ada dipundakmu saat ini, ketika kamu menyelesaikannya dengan baik, maka yakinlah akan ada harapan diujung sana. Selamat malam, semoga keberkatan Allah menyertai kita semua, aamiin. (AT: 17/05/2011)


Hidup di rantau kenalah bijak, Biarpun payah janganlah dibawa murung, Walau di mana bumi dipijak, Adat budaya tetaplah dijunjung. Naik sampan di tengah sawah, Mencari ikan disela padi, Hancur badan dikandung tanah, Budi baik dibawa mati. (AT: 17/05/2011)

Jangan menyalahkan hujan yang turunnya jarang, jika sang kaktus tak mampu menyimpan air. Tapi untunglah sang kaktus dapat menyimpan air dalam ruas batangnya, jadi mekipun hujan turunnya jarang, persediaan air akan tetap ada. Masha Allah, sungguh Allah Maha Kuasa atas segala ciptaan-Nya. (AT: 18/05/2011)

Salah satu hal terindah dalam hidup ini adalah ketika kita dapat meraih apa yang kita impikan. Namun kita sering lupa akan satu hal terindah lainnya, bahkan lebih indah dari pencapaian sebuah impian duniawi. Adalah ketika kita tetap bersyukur akan semua ketetapan yang Allah, meskipun kita berada pada posisi gagal secara pandangan kita dan tak dapat meraih apa yang kita inginkan. (AT: 18/05/2011)

Allahurabby, lindungilah hamba dari perkara yang menyulitkan, perkara yang membawaku pada keburukan dan menjauhkanku dari rahmat-Mu. Allahu Rahman, hiasilah hidupku dengan kemuliaan kasih-Mu, sehingga tak tersisa lagi kebencian dalam hatiku. Al Malikul Quddus, sucikanlah setiap niatku, setiap langkahku, setiap perkataanku dari godaan syaitan yang senantiasa menjerumuskanku. Ya Ghaffaaru, ampunilah segala dosa-dosaku. (AT: 19/05/2011)

Sebuah bingkai kehidupan beselipkan lembaran-lembaran kesulitan yang mesti dijalani, apapun itu! karena memang kita tercipta untuk dapat menaklukkan dan menjadikan diri kita nahkoda dalam perahu kehidupan yang tengah kita jalani. Semoga sentiasa tiada ombak yang melebihi serambi sisinya, semoga tiada karang yang begitu besar menjadi penghalang laju sang perahu, & semoga tiada arus yang amat deras melebihi kekuatan dayung perahuku.(AT: 05/10/2010 - 20/05/2011)

Setiap kejadian mengajarkan kita akan makna dari sebuah perjalanan hidup, pase demi pase telah dan akan kita lalui. Namun, entah sampai kapan kita berada disini? tak seorangpun yang tahu dan tak seorangpun yang kuasa atas waktunya sendiri. Karena sesungguhnya kita hanya diberikan tugas untuk menjalani, akan tetap terkadang kita melupakan satu hal, bahwasanya setiap detik dari perjalanan hidup ini akan dipertanggungjawabkan kelak (AT: 20/05/2011)

Memang benar, hanya Allah tempat dimana kita menggantungkan harapan, tempat dimana kita berkeluh kesah, tempat dimana kita memohon kemurahan dan pertolongan-Nya, tempat dimana kita menaruhkan cinta yang sebenarnya. Sungguh hati ini penuh dengan kekhilafan, maka ampunilah hamba. (AT: 20/05/2011)

Sungguh Allah Maha Rahman yang telah menganugrahkan hati dan akal (pikiran) bagi manusia. Karena dengan hati kita dapat menilai mana yang patut (baik) dilakukan dan mana yang tak patut (baik) untuk dilakukan, sedangkan akal (pikiran) kita memegang peranan sebagai penentu mana yang harus dilakukan dan mana yang tak harus dilakukan. Semua memegang peranan penting dalam menentukan nilai ketaatan kita kepada hukum dan ketetapan Allah. (AT: 21/05/2011)

Pengalaman membuat hidup kita lebih bijaksana dan berhati-hati dalam menentukan sesuatu. Tentunya bukan hal yang mudah untuk dapat melangkah diatas ketidakpastian, sungguh keyakinan itu hadirnya dari sebuah kesungguhan, karena jika sekedar pernyataan sesaat, hal tersebut mungkin akan hilang seiring dengan bergulirnya waktu. Tak ingin kesalahan masa lalu itu terulang kembali, tak ingin harapan yang telah ada dengan seketika sirna (AT: 21/05/2011)

Cepat atau lambat, masa yang indah itu pasti akan tiba. Jadi jangan pernah bersedih atau berprasangka buruk, apalagi sampai berputus asa terhadap rahmat-Nya. Untuk saat ini, Allah hanya ingin melihat seberapa besar kesabaranmu dan seberapa kuat keinginanmu untuk menggapinya (ikhtiarmu). Yang terpenting kamu istiqamah dalam menjalaninya. (AT: 21/05/2011)

Ready! masa-masa yang penuh perjuangan akan segera dimulai, semua bergulir dalam hitungan waktu tujuh bulan ke depan: Deretan tugas, UAS, Magang, Konsultasi yang melelahkan, Laporan Magang, Laporan Manajerial, Skripsi sudah dihadapan! Bismillah, semoga semua lancar. Aamiin (AT: 22/05/2011)

Note: "No Plagiarism"