Senin, 23 Mei 2011

NASEHAT, RENUNGAN DAN HARAPAN (013)

Quote Harian Facebook. Written by: Apriansyach Taufik

Saya hanya mencoba untuk menulis dengan jujur tentang apa yang tengah saya lihat, saya temui, saya rasakan, saya pikirkan dan yang saya alami. Dengan segalah kesederhanaan ilmu dan pengalaman yang saya miliki serta keterbatasan kosa kata dan kalimat, izinkan saya menghaturkan maaf sebelum dan sesudahnya, jikalau apa yang telah saya tulis ini tiadalah mengandung sebuah manfaat ataupun nilai kebenaran. Adapun terdapat kebaikan sedarinya, maka sesusungguhnya itu hadir hanya karena Allah semata. Namun apabila terdapat kesalahan ataupun keburukan sedarinya, maka sungguh itu hadir daripada kekhilafan hamba. Hanya kepada Allah saya memohon ampun. Terima kasih.

Ketika hatiku mengagumi keindahan akan karunia-Mu, maka akankah diriku pun bersalah hanya karena telah bermimpi tuk menggapainya? (AT: 18/12/2010)

Percayalah, lelah dan kepenatan ini hanyalah sementara saja Kawan! Sabar dan tetaplah berikhtiar, janganlah kita menjadi lemah karena masalah, mintalah kekuatan sebelum meminta kemudahan, karena ketika kita kuat, maka semua akan jadi lebih mudah. Allahurabby, anugrailah kami rahmat dari hidarat-Mu dan berikanlah kepada kami petunjuk dalam urusan kami. Amien. (AT: 19/12/2010)

Sobat! Dialah Allah, Rabb semesta alam, tidak pernah membuatmu bersedih kecuali untuk kemudian membahagikanmu, tidak pernah mengambil apapun kecuali untuk memberimu yang lebih baik. "Inna ma’a al’usri yusron" (bersama kesuluitan selalu ada kemudahan). Indahnya kesabaran karena selalu mendatangkan kemudahan. Yakinlah, Allahu'alam. (AT: 20/12/2010)

Allahurabby, aku tau masa ini sangat berat untukku, maka kuatkanlah aku dalam ikhtiarku, istiqamahkanlah aku dalam kesabaran, dekatkanlah aku dalam ketawakalan kepada-Mu. Selagi kumampu, Insya' Allah takkan kubiarkan keadaan ini menjadikanku penuh keluh dihadapan-Mu, apalagi sampai membuatku berputus asa dari rahmat-Mu, karena aku yakin, Engkau akan berikan keadaan yang jauh lebih baik setelah ini. Amien. (AT: 21/12/2010)

Dialah Ibu, yang selalu akan tersenyum jika melihatmu bahagia, walaupun harus ditebus dengan pengorbanan yang tiada terhitung hingganya. Semua demi dirimu, demi menjaga amanah Sang Kuasa yang telah dipercayakan kepadanya. Maka sayangilah Ia dengan sayangmu yang paling sempurna, setelah sayangmu kepada Allah, Rasul & Dien-Nya. (AT: 22/12/2010)

Mengisi gelapnya malam, kukirimkan pesan singkat tentang kisah seorang Sobat yang tengah dilanda gundah dalam menjalani getirnya dinamika kehidupan. Sentakku berkata, janganlah pernah khawatir Sobat, Allah takkan pernah meninggalkanmu dalam kesendirian ditengah ujian kehidupan ini. Ingatlah selalu firman Allah: “Lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” (QS: Thaha: 123). (AT: 24/12/2010)


Pertandingan boleh terjadi di lapangan, tapi yang jelas masuknya Indonesia dan Malaysia ke Final AFF Cup 2010 ini menunjukkan bahwa existensi bangsa melayu di South Asia sudah tidak diragukan lagi. Jadi, sebagai warga negara yang baik, apapun hasilnya aku akan tetap mendukung Indonesia. Pasukan Garuda, raih kemenanganmu malam ini, amien. (AT: 26/12/2010)

Selamat buat team Malaysia atas kemenangannya malam ini. Untuk team Indonesia, jangan menyerah dan putus asa, masih ada kesempatan di leg ke 2. Apapun hasilnya, team Indonesia akan tetap jadi juara di hati para pecinta bola Indonesia. Pesan buat Supporter team Malaysia, malam ini kalian sudah sangat tidak sportive. (AT: 26/12/2010)

Menatap wajah sang malam yang berhiaskan temaram cahaya rembulan, berbisik dalam heningnya ruang dan waktu, menyaksikan semilir angin yang seakan penuh cerita, menyampaikan kabar yang terdengar bak kidung kerinduan. Dibawah lelapku, kupersembahkan cintaku hanya kepada Sang Penakluk Jiwa, yang mengalun indah bagai syair sang pujangga. Ingin rasanya menghardirkan senyumanmu ditengah gundahku yang tengah melanda. (AT: 28/12/2010)

Waktu terus bergulir tanpa pernah menunggu intruksi. Dan manusiapun tiada pernah berhenti tuk mencari apa makna dari cinta? Masing-masing pribadi mempunyai pandangan yang berbeda. Semua menyatakan harapannya, dan berusaha mengungkapkan misteri kehidupannya. Namun, jangan pernah terbersit dlm pikiranmu, bahwa engkau dapat menentukan arus cinta, karena seandainya cinta memberkatimu, ia akan menentukan arah perjalananmu. (AT: 29/12/2010)

Hal yang paling nyata dari sebuah kejadian adalah waktu yang tersisa. Dan kesiaan yang paling besar dari sebuah ketulusan adalah prasangka yang tak memiliki alasan. Jika dirimu terbelenggu oleh sebuah ego dan ambisi, maka nilai kasih dan kerendahan hati sebagai penawarnya. (AT: 30/12/2010)

Menatap senja dipenghujung tahun, melukiskan setiap kenangan yang telah terlaksana. Dibawah sinar sang mentari yang kan segera beranjak pergi. Seraya kuberharap, semoga esok kan lebih baik. Aamiin. (AT: 31/12/2010)

Ketika kamu mempresepsikan suatu hal yang buruk terhadap orang lain, dengan tanpa alasan yang jelas, bahkan cenderung mengada-ngada, maka sesungguhnya disalanalah letak dari keburukanmu. Kumohon dengan sangat! berhati-hatilah dalam berbicara, dan jangan pernah coba menguji kesabaranku! karena jika semuanya sudah kurasa tidak adil bagiku, maka aku tidak akan pernah tinggal diam. (AT: 03/01/2011)

Sekarang tu, dak usah nak banyak piker, berbaik sangko be lah. Santai dan cak idak be dulu. Gek kalu kelakuannyo diraso dah belebih nian, baru kito betindak. OK Fren! (AT: 05/01/2011)

Wahai Sobat dengarlah madah, baikkan laku elokkan tingkah, isilah waktu dengan faedah, supaya hidupmu beroleh berkah. Wahai Sobat peganglah janji, berbuat khianat engkau jauhi, banyakkan olehmu bertanam budi, supaya kelak hidup terpuji. (AT: 07/01/2011)

Duhai Sang Petunjuk Jalan dikala hati tak tentu arah. Wahai Cahaya Terang disaat tiba kegelapan. Demi kuasa-Mu atas segala pengharapan. Dengan Asma-Mu yang penuh keagungan lagi Maha Quddush. Segenap alam berseru atas kemaha esaan-Mu. Bentangkan jalan bagiku, pancarkan cahaya di ruang hatiku, labuhkan perahu kehidupanku yang penuh ombak dan badai di dermaga keridhaan-MU. Izinkan hamba meraih kebahagiaan di atas Rahmat-Mu. (AT: 13/01/2011)

Sobat, bersyariatlah dalam menggapai kesuksesan, karena jika kamu mengupayakan suatu kesuksesan dengan cara-cara kecurangan atau tidak dibenarkan dalam syariat, maka sesungguhnya sepanjang kesuksesan tersebut tiadalah berkah dan halal bagimu. (AT: 16/01/2011)

Kesederhanaan bukan berarti ciri dari ketidakmampuan, namun didalam kesederhanaan terdapat jiwa yang besar untuk mengakui bahwa apa yang dimiliki hanyalah amanah yang mesti dipertanggungjawabkan kelak. Berlaku sederhana adalah sebagian dari wujud syukur atas apa yang diberi. Karena sesungguhnya Allah tiada menilai seseorang dari wujud zhahirnya. (AT: 19/01/2011)

Duhai Pemilik Segenap Cinta dan Kasih. Izinkanlah hidupku damai dalam cinta yang senantiasa mencintai Sang Maha Cinta. Dan biarkanlah kubahagia dalam kasih yang senantiasa mengagungkan Sang Maha Kasih. Jangan pernah biarkan hamba-Mu ini larut dalam buaian fatamorgana yang akan menjauhkan diriku dari Cinta dan Kasih-Mu. (AT: 20/01/2011)

Nasehat Sedari Hamba, "Adakah dari telaga yang jernih mengalir air yang keruh [?]". Sobat, hati itu bagaikan sebuah telaga mata air, maka jagalah ia dengan baik, karena ia akan menjaga tabiyat dan prilakumu. Memang bukan perkara mudah dalam menjaga hati, karena hati hanya akan terjaga oleh iman yang senantiasa setia dan tunduk pada Pencipta-Nya. (AT: 23/01/2011)

Kita boleh raih apa saja dalam hidup ini, namun pada setiap pase pemberhentian (renungan), hati kecil ini berkata bahwa sesungguhnya hidup tidaklah membutuhkan hal yang melampaui batas (berlebihan). Kelak setiap diri kita akan kembali dengan tangan yang sederhana, serta meninggalkan semua polemik jiwa dan fatamorgana dunia. Dimasa itu hanya ada lembaran-lembaran kisah (bukti) sebagai teman akhir kita. (AT: 28/01/2011)

Sobat, ikhlas dan sabar dalam meniti kehidupan di atas bingkai kejujuran adalah sebuah kemuliaan dihadapan Allah. Maka beristiqamahlah, sungguh Allah Maha Mengetahui atas kesungguhan dari setiap hamba-Nya. Jangan sedikitpun kita merasa khawatir, karena setiap masa yang telah kita habiskan dalam jalan kebenaran takkan pernah terbuang dengan sia-sia. (AT: 31/01/2011)

Dengan rahmat-Mu, izinkanlah hamba tuk memenuhi amanah dalam hidupku. Dan bilamana telah tiba waktunya kelak, tambatkanlah hatiku dalam naungan cinta dan ridha-Mu. (02/02/2011)

Sobat, hal yang sering terlupakan oleh diri kita adalah bersyukur atas hidup ini. Demikianlah sifat dari manusia, seringkali kita beranggapan bahwa hidup ini adalah milik kita sepenuhnya. Astaghfirullah, naudzubillah, summa naudzubillah. Semestinya rasa syukur itu menjadi keutamaan dalam hidup manusia, karena dengan bersyukur maka kita akan mengetahui bahwa hidup ini memiliki sisi yang begitu indah. (AT: 04/02/2011)

Note: "No Plagiarism"