Senin, 23 Mei 2011

NASEHAT, RENUNGAN DAN HARAPAN (014)

Quote Harian Facebook. Written by: Apriansyach Taufik

Saya hanya mencoba untuk menulis dengan jujur tentang apa yang tengah saya lihat, saya temui, saya rasakan, saya pikirkan dan yang saya alami. Dengan segalah kesederhanaan ilmu dan pengalaman yang saya miliki serta keterbatasan kosa kata dan kalimat, izinkan saya menghaturkan maaf sebelum dan sesudahnya, jikalau apa yang telah saya tulis ini tiadalah mengandung sebuah manfaat ataupun nilai kebenaran. Adapun terdapat kebaikan sedarinya, maka sesusungguhnya itu hadir hanya karena Allah semata. Namun apabila terdapat kesalahan ataupun keburukan sedarinya, maka sungguh itu hadir daripada kekhilafan hamba. Hanya kepada Allah saya memohon ampun. Terima kasih.

Senja ini, pelataran Balairung UI dipenuhi dengan senyum bahagia, senyum yang menjadi awal kesuksesan. Selamat buat para Wisudawan/i. (AT: 05/02/2010)

Ketahuilah Sobat, bahwa sederhana itu sangatlah indah, jauh lebih indah dari gemerlapnya dunia. Karena dengan kesederhanaan seorang hamba akan mampu mengendalikan hawa nafsunya, serta menemukan ketenangan jiwa yang sebenarnya. Sungguh dalam kesederhanaan itu terdapat nilai kesyukuran dan pengharapan atas keridhaan Sang Kuasa. (AT: 06/02/2011)

Pengang erat mimpimu teman. Jangan pernah biarkan ia usang dalam lamunan, tunjukkan bahwa kamu layak untuk menggapainya. Jangan pernah takut akan kegagalan, senantiasalah berprasangka baik kepada-Nya, karena sesungguhnya Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Jangan pernah ragu akan bagaimana hasilnya nanti, yakinlah bahwa Allah tahu mana yang terbaik bagi hamba-Nya. Yang terpenting adalah jagalah ikhtiar & harapanmu agar selalu dalam kebenaran-Nya. (AT: 20/02/2011)

Adalah fitrah manusia diliputi oleh kekhilafan, namun bukan berarti kita harus berlarut-larut dalam sebuah kekhilafan, apalagi sampai diperbudak oleh kekhilafan. Karena sungguh merugilah orang yang menjadikan kekhilafan sebagai bagian dari jatidirinya. (AT: 23/02/2011)

Lebih sederhana dan penuh perjuangan! Mesti sabar, jadikan semua ini pembelajaran, percayalah akan ada hikmah sedarinya. (AT: 28/02/2011)

"Hentikan semuanya, kau tak seharusnya disana... Hentikan secepatnya...!" Sepenggal lirik repolusioner yang mewakili suara rakyat! Ingatlah, seorang amir (pemimpin) akan diminta pertanggung jawaban kelak atas apa yang telah dipimpinnya. (AT: 01/03/2011)

Sebuah perjuangan yang dilakukan dengan baik (optimal), meskipun pada akhirnya gagal, maka kegagalan yang diterima akan sama nilainya dengan sebuah keberhasilan, bahkan lebih. Jadi lakukanlah yang terbaik dari apa yang bisa kamu usahakan (ikhtiarkan), karena sesungguhnya hakekat hidup adalah menjalani (meniti) sebuah pejuangan. (AT: 02/03/2011)

Tiba-tiba langkahku seakan terhenti disini, hm, sudah lama rasanya tak melihat senyum manis itu, senyum yang dulu pernah menghias mimpiku. (AT: 07/03/2011)

Keindahan cinta yang hakiki adalah ketika kita merasakan betapa indahnya mencintai Ilahi, maka senantiasalah bersihkan hati dan amalan kita dengan niat yang ikhlas, serta beristiqmahlah dalam jalan keridhaan-Nya. Allahurabby, senantiasa naungi hidupku dengan cinta-Mu, dan jagalah hati dan imanku agar tidak mencintai dunia melebihi cintaku pada-Mu. Aamiin. (AT: 12/03/2011)

Lebih dari separuh usiaku kuhabiskan untuk mengingat bayanganmu, mengingat setiap pengahapan yang kau titipkan padaku. Sungguh aku takkan pernah menyesali semua itu, & akan selalu kupengang erat dalam setiap langkahku, karena memag engkau bagian dari hidupku, yang telah mampu buatku tersenyum lepas & merasakan betapa indahnya dunia, serta mengantarkanku pada titian perjalanan yang panjang. Terima kasih atas cinta dan kasih sayangmu. (AT: 13/03/2011)

Akan tiba saatnya dimana kita harus berhenti dan meninggalkan gemerlap dunia, sekujur tubuh kita akan kaku dan tak berdaya, tiada sepatah katapun yang dapat terucap dari mulut kita, hanya rintihan ruh yang penuh penyesalan dan rasa takut yang tak terkira. Dimasa itulah baru kita akan menyadari, bahwa betapa kecilnya diri kita dihadapan-Nya. Maka sedari itu, bersungguhlah dalam memanfaatkan waktu yang tersisa. (AT: 24/03/2011)

Terkadang kita mencari suatu pembenaran atas pernyataan (teori) yang kita buat dibalik kemurahan dan pertolongan yang telah Allah berikan (amanahkan) kepada kita, dan seolah kita menganggap bahwa apa yang kita utarakan adalah suatu kemutlakan, namun kita sering lupa bahwa sesungguhnya semua itu adalah atas kehendak Allah semata, bukan karena kesempurnaan dari diri kita. (AT: 24/03/2011)

Aduhai, sungguh terlihat indah memang pelangi di kejauhan, namun sayang takkan mungkin engkau datangi. Itulah hakikat fatamorgana, keindahannya hanya tampak oleh mata, tak lebih sungguh tak lebih. Namun terkadang kita terlenakan olehnya, hingga lupa apa makna sedarinya. Maka jagalah setiap pandangan kita dari hal-hal yang sia-sia, libatkanlah hati dan iman kita dalam menilai semua perkara yang tertera. (AT: 28/03/2011)

Sobat, terkadang apa yang telah kita abaikan hari ini, suatu saat nanti akan menjadi sangat berarti. Maka simaklah dengan baik setiap pesan-pesan Ilahiyah yang tersirat dalam setiap rangkaian nikmat, kejadian dan perkara-Nya, agar tiada penyesalan yang bergulir dikemudian hari. (AT: 02/04/11)

Dengan atau tanpa disengaja, terkadang kita telah memulai suatu Kebaikan dengan Keburukan, dan menyisipkan suatu Keburukan disela-sela Kebaikan yang dikerjakan. Sungguh demikian kita telah menodai nilai keutuhan & keutamaanya. Dan herannya kita merasa nyaman bahkan bangga dengan hal tersebut. Meskipun pandai engkau menyembunyikannya, tapi Allah Maha Tahu akan segalanya. (AT: 03/12/2009).

Inilah sepenggal rahasia cinta, bukan untukmu, atau juga untukmu, melainkan untuk-Nya, hanya untuk-Nya. (AT: 06/04/2011)

Semua yang tertakdir dalam hidup ini adalah rangkaian pelajaran untuk kita renungkan, agar kita lebih mengenal lagi akan makna dari sebuah penghambaan & rasa syukur kepada-Nya. Apa yang kita lalui ini hanyalah bagian terkecil dari putaran roda kehidupan, yang pada saatnya nanti semuanya akan berakhir & hanya menyisakan pertanggung jawaban keatas-Nya. Mari berbenah diri disisa waktu yang masih diberikan. (AT: 06/04/11)

Setiap orang memiliki pemikiran dan tingkat pemahaman yang berbeda, jika tidak ingin disalah artikan, maka sederhanalah dalam bersikap, lakukan semua dengan sewajarnya dan jangan berlebihan, agar tiada menimbulkan prasangka yang kurang baik sedarinya. (AT: 08/04/11)

Wahai hati yang merajai diri, tahukah kamu! sungguh diri ini benar-benar dalam kerugian. Telah ku berjalan jauh dari rahmat-Nya, hingga ku terlena dalam lamunan dunia. Telah ku ingkari firman-Nya, hingga ku lupa akan makna hidup yang sebenarnya. *Allahurabby, Yaa Al Qudduss, sungguh Engkau Maha Suci, maka sucikanlah hatiku dari perbuatan-perbuatan yang dapat menjauhkanku dari ridha-Mu. (AT: 10/04/2011)

Wahai Sobat, diri ini laksana setitik debu yang berterbangan, tak ada daya bila dibandingkan dengan luasnya alam semesta. Maka janganlah sekali-kali kita menyimpan rasa sombong walaupun hanya sebesar biji sawi (atom), karena yang demikian itu akan menghalangi kita tuk merasakan indahnya nikmat dan rahmat Allah dalam keabadian surga-Nya. (AT: 15/11/2010 - 13/04/2011)

Aku mencoba untuk bertahan di atas titian harapan, hm, entah sampai kapan perjalanan ini, hanya Allah yang Maha Menentukan. Yang jelas bagiku, kejujuran adalah hal yang utama, karena keberhasilan tanpa dilandasi sebuah kejujuran adalah hal yang semu dan takkan membawa berkah sedari-Nya. (AT: 13/04/2011)

Aku hanya bisa berdiri menatap indahnya langit. (AT: 15/04/2011)

Note: "No Plagiarism"